Rabu, 03 Februari 2021

HUKUM GAY LUSSAC

 haloo semuanya, salam kenal untuk kalian yang membaca blog ini. semoga kalian dalam keadaan sehat wal afiat, amin. 

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman belajar kimia saya ketika kelas 10 yaitu HUKUM GAY LUSSAC. mungkin beberapa dari kalian banyak yang belum tau ya apa itu atau bahkan baru denger dengan kata hukum gay lussac? oke kalo gitu saya jelasin ya apa sih hukum gay lussac itu.

 Boyle Gay-Lussac atau hukum perbandingan volume yaitu volume gas gas  yang bereaksi dan volume gas-gas hasil reaksi yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana.

Pada 1820, Gay-Lussac menemukan bahwa

Tekanan dari sejumlah tetap gas pada volum yang tetap berbanding lurus dengan temperaturnya dalam kelvin

Secara matematis dapat dinyatakan

atau

dimana:

P adalah tekanan gas.
T adalah temperatur gas (dalam kelvin).
k adalah sebuah konstanta.

Hukum ini dapat dibuktikan melalui teori kinetik gas, karena temperatur adalah ukuran rata-rata energi kinetik, dimana jika energi kinetik gas meningkat, maka partikel partikel gas akan bertumbukan dengan dinding/wadah lebih cepat, sehingga meningkatkan tekanan.

Hukum Gay-Lussac dapat dituliskan sebagai perbandingan dua gas

 

nah saya dan teman teman saya juga melakukan percobaan hukum gay lussac nih, langsung disimak aja ya videonya dengan klik video dibawah.

 
gimana sekarang udah ga asing kan sama hukum gay lussac? saya harap materi dan video yang saya berikan dapat bermanfaat bagi kita semua. sampai jumpa di blog saya selanjutnya ya, dadahh!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRAKTIKUM KOROSI PADA PAKU

 Halo semuanya, ketemu lagi nih di blog saya yang membagikan pengalaman belajar kimia saya. gimana kabar kalian? saya harap kalian dalam kea...